-->

Doraikare / Kari Kering ala Jepang

Doraikare (Kari Kering ala Jepang)



Berbagai jenis kari kering ala Jepang

Daging
Sayuran
Nasi

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

600 g nasi
100 g ayam
100 g bawang bombai
2 paprika hijau
1 sendok makan kismis
2 sendok makan minyak nabati
2 sendok teh bubuk kari
2 sendok teh saus tomat
1 sendok teh kecap asin Jepang atau shoyu
Garam & lada secukupnya

Persiapan
Potong dadu ayam dengan ukuran 1 cm lalu bumbui dengan garam dan lada. Potong dadu bawang bombai dan paprika hijau dengan ukuran 5 mm. Pertama, potong-potong bawang bombai vertikal memanjang dengan jarak setiap potongan sekitar 5 mm. Jangan langsung dipotong semua, tetapi disisakan bagian ujung yang lainnya sekitar 5 mm. Lalu putar melintang dan potong-potong membentuk dadu ukuran 5 mm. Untuk paprika hijau, potong setengah memanjang, buang biji dan batangnya, lalu potong strip ukuran 5 mm. Tumpuk potongan strip menyamping dan dari ujung dipotong-potong bentuk dadu ukuran 5 mm. Cuci kismisnya dan kemudian ditiriskan.


Panaskan penggorengan dan tambahkan satu sendok makan minyak. Goreng ayamnya di atas api kecil sampai berubah warna kecokelatan dan matang. Tambahkan bawang bombai dan paprika hijau, tumis di atas api kecil sampai berubah warna transparan. Kemudian masukkan bubuk kari, saus tomat dan aduk rata. Lalu tambahkan lagi dengan 1 sendok makan minyak. Matikan apinya, masukkan nasi. Panaskan dulu nasinya jika dalam keadaan dingin, agar mudah saat diaduk. Pastikan api dalam keadaan mati saat memasukkan nasi ke penggorengan, jika tidak maka akan sulit untuk mengaduk semua bahan dengan rata. Gunakan spatula dari kayu untuk mengaduk nasi dengan bahan-bahan lainnya. Nyalakan lagi apinya, goreng nasi dan bahan-bahannya di atas api sedang.



Tambahkan kismis, dan taburkan 1/2 sendok teh garam. Tambahkan juga 1 sendok teh shoyu di sekeliling bagian pinggir penggorengan. Aduk rata agar aroma shoyu meresap ke semua bahan. Sajikan.


Sekilas Informasi
Berbagai jenis kari kering ala Jepang
Hari ini kita membuat kari kering ala Jepang yang mana nasi goreng dan bahan lainnya dicampur dengan bubuk kari. Versi lainnya adalah dengan menempatkannya saus kari di atas nasi. Saus karinya berisi daging cincang dan sayuran yang dipotong-potong tipis. Semua bahan direbus di dalam sup kari sampai cairannya menguap dan menyerap ke semua bahan.

Ada juga versi kari kering yang sehat, di mana nasi dan bahan-bahan lainnya dicampur dengan bubuk kari di dalam penanak nasi atau penggorengan tanpa menggunakan minyak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Doraikare / Kari Kering ala Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel