-->

Rambut Cepat Panjang dan Sehat dengan Air Beras ??


Coba-coba gaya rambut berbeda, ternyata malah terlihat nggak cocok dengan potongan rambut baru tersebut? Rasanya risih dan ingin rambut cepat-cepat panjang aja. Tapi, jika pertumbuhan rambutmu termasuk cukup lama, jangan khawatir. Banyak cara agar pertumbuhan rambut lebih cepat.

Cara paling mainstream pastinya pakai sampo khusus yang diklaim dapat menstimulasi pertumbuhan rambut lebih cepat. Mostly pasti kenal dengan sampo berlogo kuda, Mane ‘N Tail, kan? Atau the legend sampo Me’tal? Yup, kedua sampo itu memang sudah famous banget buat memanjangkan rambut dengan cepat.

Namun, nggak sedikit pula yang merasa nggak cocok dengan sampo-sampo penumbuh rambut tersebut. Selain dengan sampo, cara lainnya untuk mestimulasi pertumbuhan rambut adalah dengan hair tonic atau hair serum. Kamu juga bisa DIY home remedy sebagai cara alami biar rambut tumbuh panjang lebih ngebut. Hanya perlu air beras lho, mudah dan murah kan?

MANFAAT AIR BERAS UNTUK RAMBUT





Keramas dengan air beras sudah jadi tradisi bagi perempuan suku Yao di desa Huang Luo, China, yang memang terkenal dengan rambut mereka yang super panjang dan sehat. Rambut panjang bak Rapunzel adalah kebanggan buat perempuaan-perempuan Yao, dimana mereka hanya potong rambut sekali seumur hidup! Begitu juga perempuan Jepang di era Heian yang menumbuhkan rambut mereka sepanjang mungkin hingga kaki.

Mereka bukan cuma punya rambut panjang, tapi juga sehat, kuat bahkan tetap hitam berkilau sampai tua! Apa sih, rahasia hair care routine mereka? Bukan sampo, kondisioner, apa lagi hair extension. Rahasianya sesimpel air beras!

Ternyata air tajin ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih lembut, kuat, juga bercahaya. Air beras mengandung asam amino yang penting untuk memproduksi protein dan keratin di rambut. Air beras ini juga mengandung Vitamin B, C dan E yang diperlukan untuk rambut kuat, kulit kepala yang sehat dan bebas ketombe. Selain itu, air beras juga mengandung inositol, yakni karbohidrat yang dapat melindungi rambut dari kerusakan. Cocok banget sebagai remedy untuk damaged hair akibat styling tools dan coloring.

Ditambah lagi, dalam sebuah studi, air beras dianggap baik untuk kamu yang memiliki masalah di kulit kepala seperti dermatitis atopik, psoriasis, atau dermatitis seboroik yang bisa jadi sensitif terhadap kandungan SLS di shampo.

Cara membuat air beras untuk keramas




Perempuan Jepang di era Heian menggunakan Yu Su Ru, yakni larutan hasil rendaman atau cucian beras untuk membilas rambut mereka. Namun, perempuan suku Yao di Cina punya resep rahasianya sendiri lho. Air beras yang digunakan oleh suku Yao adalah hasil fermentasi, yang katanya akan jauh lebih efektif dibanding air cucian beras saja. Walaupun untuk meniru resep rahasianya suku Yao agak sulit karena beberapa ingredients-nya sulit didapat, tapi kamu masih bisa nyontek resep rahasia ini dengan bahan-bahan alternatif.

Untuk membuat fermentasi air beras ini, pertama-tama sediakan: beras putih, dianjurkan menggunakan sticky rice atau beras ketan; satu mangkok air bersih; kulit jeruk, dianjurkan kulit grapefruit atau jeruk Bali, lavender atau tea tree essential oils, dan wadah toples untuk menyimpan air beras.

Cara membuatnya juga gampang!

Cuci beras dengan air untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di beras. Kemudian buang air cucian beras. Langkah ini opsional, jika kamu merasa beras sudah bersih, langkah ini bisa di-skip.
Campurkan beras dengan semangkok air bersih, masukkan kulit jeruk atau grapefruit peels.
Masak dengan api sedang hingga air mendidih (jangan sampai berasnya matang, ya), kemudian tambahkan essential oils secukupnya.
Simpan air beras dan isinya kedalam toples kaca tertutup, lalu diamkan air beras ini hingga terfermentasi. Lama masa fermentasi beragam, mulai dari 3 hingga 4 hari, 2 minggu, atau 1 sampai 2 bulan lebih. It’s up to you.
Air beras ini bisa digunakan sebagai pengganti sampo dan kondisioner, atau sekadar digunakan setelah sampo.
Diamkan air beras di rambut dan kulit kepala selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan air.

Penting sebelum mencoba!


Because it’ a home remedy, don’t expect it to be a magic solution that will change your hair overnight. Selain itu, nggak semua orang bakalan cocok dengan treatment air beras ini. Terutama jika kamu punya hair porosity rendah. Belum tau jenis hair porosity-mu? Cek dulu di artikel ini!

Air beras ini tinggi protein, dan kelebihan protein justru nggak baik buat rambut, sebab dapat menimbulkan penumpukan protein yang menyebabkan rambut lebih kering dan mudah patah. Jadi, sebaiknya sih, jangan keramas dengan air beras terlalu sering. Kalau kamu rajin banget, sih, coba lakukan 1 kali seminggu saja. Jangan lupa pula untuk membilas rambut dengan air sampai benar-benar bersih setelahnya ya, biar nggak ada sisa-sisa tajin yang nempel di kulit kepala dan rambut.

Gimana, tertarik buat coba?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Rambut Cepat Panjang dan Sehat dengan Air Beras ??"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel