-->

IWASHI HAMBAGU (burger sarden)



Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

・5-6 sarden segar (panjang sekitar 20 cm, seberat total sekitar 600 g, setelah sudah dibersihkan dan dibuang durinya beratnya akan menjadi sekitar 300 g)
・100 g bawang bombay
・4 sendok makan remah roti
・1/2 sendok teh garam
・sedikit lada
・Minyak sayur untuk menggoreng

PERSIAPAN:

1. Iris halus bawang bombay lalu goreng menggunakan sedikit minyak sayur hingga halus dan layu. Campur tepung roti dengan 4 sendok makan air.

2. Buang sisik dan kepala ikan. Belah bagian bawah perut dan buang isi perutnya. Cuci bagian dalam & luar ikan, tepuk-tepuk dengan tisu dapur untuk mengeringkannya.


3. Masukkan kedua jempol ke dalam perut ikan hingga menyentuh tulang belakangnya. Tekan antara daging dan tulangnya, menggunakan ujung kedua jempol. Geser kedua jempol ke arah luar untuk membuka ikannya.Gunakan tangan kanan untuk memegang tulang belakang dekat tempat yang tadinya adalah kepala ikan. Gunakan telunjuk dan jempol kiri untuk melepaskan tulang belakang dan pisahkan dari daging ke arah buntut. Potong bagian di mana tulang belakang menyatu dengan buntut. Iris bagian tengah kedua sisi untuk membuat 2 irisan daging tanpa tulang (fillet). Potong sirip punggung. Potong ikannya secara memanjang menjadi potongan selebar sekitar 5 mm. Mulai dari satu ujung, cincang halus hingga berukuran sekitar 5 mm. Potong-potong lagi dagingnya hingga menjadi daging cincang dan lengket.

4. Letakkan sarden cincang di dalam cawan dan gunakan tangan untuk mencampurkan garam dan lada untuk menambah rasa. Lalu masukkan bawang bombay dan remah roti, campur merata menggunakan tangan. Bagi campuran menjadi 4 porsi. Bentuk menjadi daging burger berbentuk oval setebal sekitar 1 cm.

5. Panaskan sedikit minyak sayur dalam panci penggorengan. Masukkan daging burger dan goreng dengan api kecil. Balik dagingnya begitu bagian bawahnya sudah coklat. Letakkan tutup di atas panci penggorengan dan biarkan masak selama sekitar 3 menit hingga daging burgernya matang. Sajikan dengan saus tomat atau kecap asin..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "IWASHI HAMBAGU (burger sarden)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel