-->

Imo-ni (talas dalam mangkuk panas)


   Talas dalam cawan panas adalah hidangan musim gugur yang mudah dibuat bahkan untuk para pemula! Warga di kawasan Tohoku di Jepang utara senang berkumpul bersama dan membuat hidangan ini di tepi sungai atau lokasi luar ruangan lainnya saat musim gugur.




BAHAN-BAHAN (UNTUK 4 PORSI)

4-6 talas (sekitar 320 g)
150 g lobak
120 g ayam
100 g jamur shimeji (jika tidak tersedia bisa gunakan jamur lainnya)
1 daun bawang
12 g katsuo-no-kezuribushi (parutan ikan cakalang yang dikeringkan) (jika tidak tersedia, tambahkan jumlah daging ayamnya agar menciptakan rasa yang gurih)
2 sendok makan kecap asin Jepang atau shoyu
2 sendok teh gula

PERSIAPAN :

1. Pertama kita buat kaldu dashi dari parutan ikan cakalang kering. Rebus 4 1/4 cangkir (850 ml) air di panci, setelah mendidih masukkan parutan ikan cakalang. Aduk merata dan rebus di atas api kecil selama 1 hingga 2 menit, lalu disaring. Kembalikan kaldu ke dalam panci yang akan digunakan untuk merebus bahan-bahan lainnya.

2. Cuci talasnya untuk membuang semua kotoran. Potong tipis bagian atas dan bawah talas, lalu kupas kulitnya dan potong kecil-kecil menjadi ukuran sekali santap. Rendam potongan talas di dalam air agar tidak berubah warna. Kupas lobak, kemudian dipotong menjadi empat bagian memanjang. Baringkan empat bagian memanjang dan diiris-iris setebal 1cm.

3. Bilas jamur shimeji, potong dan buang bagian ujung batang yang keras dan pisahkan jamurnya.

Iris daun bawang dengan ukuran 2 cm.

Baringkan ayam dengan sisi kulit menghadap talenan dan potong strip ukuran lebar 4 hingga 5 cm. Kemudian putar strip memanjang, dan dari ujung dipotong-potong ukuran 1 cm.

4. Masukkan talas dan lobak ke dalam kaldu dashi. Tutup pancinya dan rebus dengan api sedang hingga mendidih. Kecilkan apinya, angkat tutup panci dan saring serta buang busa ampas yang mengapung di permukaan. Tutup lagi pancinya tetapi ditutup dengan renggang dan rebus dengan api kecil selama sekitar 20 menit. Tusuk talasnya untuk memeriksa keempukannya, jika mudah ditusuk berarti sudah empuk.

5. Tambahkan 2 sendok makan shoyu dan 2 sendok teh gula untuk memberikan rasa yang lebih kaya dari sup biasa. Masukkan ayam dan jamur shimeji. Tutup lagi pancinya dengan renggang, dan rebus selama 5 menit. Terakhir tambahkan potongan daun bawang dan rebus lagi selama sekitar satu menit. Menunya sekarang siap disajikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Imo-ni (talas dalam mangkuk panas)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel